Liputan Bola

Liga Spanyol Pekan ini

Real Madrid hanya butuh satu kemenangan lagi untuk memastikan diri sebagai juara Spanyol musim ini. Apakah pesta itu terjadi di San Mames besok malam?

Tengah pekan ini, Selasa (1/5) dan Rabu (2/5) malam, La Liga memasuki pekan ke-36. Real Madrid, yang memuncaki klasemen dengan keunggulan tujuh poin dari tim peringkat kedua Barcelona, akan melawat ke markas Athletic Bilbao.

Secara matematis, jika Barca memenangi ketiga laga terakhirnya, maka perolehan angka mereka 93. Dengan begitu, Madrid yang sudah mengumpulkan 91 poin, cuma butuh tiga lagi dari tiga pertandingan.

Maka dari itu, kalau bisa mengalahkan Bilbao besok malam, atau Barca bernasib lebih sial dan kalah dari Malaga, “Si Putih” akan mengunci titel juara lebih cepat.

Semudah itukah Karim Benzema dkk. bakal mengatasi Bilbao? Mestinya sih, tidak. Bilbao sedang cukup populer berkat kecemerlangan mereka di ajang Europa League. Tim besutan Marcelo Bielsa itu akan berlaga di final melawan sesama klub Spanyol, Atletico Madrid.

Di liga mereka juga masih berusaha masuk ke zona Liga Europa, kalau-kalau tak berhasil memenanginya di musim ini. Di klasemen Fernando Llorente cs masih berkutat di urutan ketujuh. Masalahnya, mereka baru kalah di akhir pekan lalu, 0-2 dari Real Zaragoza.

Rapor Bilbao di San Mames juga biasa-biasa saja. Dari 17 pertandingan mereka cuma menang delapan kali, seri enam kali, dan kalah tiga kali. Terkait duelnya melawan Madrid, di pertemuan pertama mereka di Santiago Bernabeu, Bilbao takluk 1-4.

Di atas kertas Madrid diperkirakan bisa mengatasi Bilbao lagi. Dan jika prediksi itu terwujud, maka pesta kemenangan digelar malam itu juga. Jika tidak, mungkin itu lebih baik lagi karena di akhir pekan El Real akan bermain kandang melawan Granada. Mau pesta di mana, sepertinya itu cuma pilihan mereka.

Kali terakhir Madrid menjuarai La Liga adalah di musim 2007/2008, saat dilatih Bernd Schuster. Di tiga musim berikutnya mereka selalu kalah dari Barcelona yang ditukangi Josep Guardiola.

Jadwal pertandingan La Liga:

Selasa (1/5) malam:
Getafe vs Racing Santander
Granada vs Espanyol
Sporting Gijon vs Villarreal

Rabu (2/5) malam:
Atletico Madrid vs Real Sociedad
Barcelona vs Malaga
Mallorca vs Rayo Vallecano
Sevilla vs Real Betis
Zaragoza vs Levante
Athletic Bilbao vs Real Madrid
Valencia vs Osasuna

_________________________________________________________________________________________________________

Barca Kini Fokus ke Final Copa del Rey

Madrid – Barcelona hampir pasti gagal menjuarai La Liga pada musim ini. Oleh karena itu, The Catalans kini mengalihkan fokusnya ke persiapan menjelang final Copa del Rey.

Barca kini ada di posisi kedua klasemen dengan 84 poin dari 35 laga, tertinggal tujuh poin dari Real Madrid. Dengan tiga laga tersisa, Madrid tinggal butuh satu kemenangan lagi untuk jadi kampiun.

Melihat situasi ini, pelatih Barca, Pep Guardiola, pun memilih untuk fokus ke final Copa del Rey kontra Athletic Bilbao, 25 Mei mendatang. Guardiola menjadikan semua laga sisa di La Liga sebagai persiapan sebelum duel penting di Vicente Calderon itu.

“Sebuah pertandingan sepakbola selalu bermanfaat untuk banyak hal. Kami tahu Madrid sudah juara (La Liga) dan pertandingan ini adalah pertunjukan siapa tim ini,” jelas Guardiola di situs resmi klub, seusai timnya membantai Rayo Vallecano 7-0, Senin (30/4/2012) dinihari WIB.

“Para pemain kami bermain sangat serius dan mereka tampil oke sepanjang pertandingan. Para pemain banyak berlari dan mereka bermain serius melawan tim yang berjuang menghindari degradasi,” imbuhnya.

“Mereka tahu bahwa kami sedang mempersiapkan diri kami untuk final dan segalanya berharga. Setiap pertandingan penting,” papar pria yang akan meninggalkan Blaugrana pada akhir musim ini.

_________________________________________________________________________________________________________

Ronaldo-Messi Berebut Sepatu Emas

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sangat “rakus” gol di musim ini. Siapa di antara mereka yang akan meraih penghargaan top skorer Eropa dan menggondol Sepatu Emas?

Produktivitas kedua pemain itu sungguh luar biasa. Mereka sudah mencetak 43 gol dari 35 pekan La Liga, dan kemungkinan besar akan menambah koleksinya itu, karena klub mereka masih menyisakan tiga pertandingan.

Dari 43 gol tersebut, Ronaldo membuatnya dari 35 pertandingan, 11 di antaranya dari titik putih. Messi mencapai itu dalam 34 laga, enam via tendangan penalti.

Dalam daftar top skorer (liga-liga) Eropa, Ronaldo sudah dua kali memenangi Golden Shoe. Pertama di musim 2007/2008 dengan nilai 62, dari 31 gol yang dibuatnya bersama Manchester United. Di musim lalu ia mengulang sukses individunya itu dengan mendulang 40 gol bersama Real Madrid, dengan total poin 80.

Messi pernah satu kali mendapatkan penghargaan itu, di musim 2009/2010, saat mengumpulkan 34 gol.

Terakhir kali seorang pemenang Golden Shoe Eropa mencetak 43 gol adalah di musim 1993/1994, atas nama David Taylor, dari klub Liga Wales, Porthmadog. Jumlah gol terbanyak dalam semusim yang pernah dibuat seorang top skorer Eropa adalah 47, yang dicatat Dorin Mateu dari klub Rumania, Dinamo Bukarest, di musim 1976/1977.

_________________________________________________________________________________________________________

INFO KLASMEN SEMENTARA LIGA SPANYOL PEKAN INI

sumber : Detik.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: